Perpustakaan, Sarana Cerdas Meraih Kecerdasan

Oleh Aflahah Nur Zakiyah

Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari sebuah sekolah yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi. Perpustakaan menjadi sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang berada di sekolah, baik tingkat dasar sampai dengan tingkat menengah. Begitu pentingnya peran perpustakaan sekolah di lembaga pendidikan menjadikan perpustakaan disebut sebagai jantungnya pendidikan, yang ikut menentukan keberhasilan proses penyampaian ilmu pengetahuan di sekolah.

Keberadaan perpustakaan dengan dunia pendidikan memeliki keterkaitan yang sangat erat. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempercepat proses transfernya ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidikan, merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Hal ini akan mendukung realisasi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, bahwa pemerintah diharapkan mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu secara relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan, sesuai dengan tuntunan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.

Untuk itulah, perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu anak didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Agar tujuan tersebut tercapai, perpustakaan sekolah perlu berbenah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang profesional, koleksi yang menarik dan berkualitas, serta serangkaian aktivitas layanan yang mudah dan ramah, sehingga menarik minat anak didik untuk memanfaatkan perpustakaan.

Dengan memaksimalkan perannnya, diharapkan perpustakaan sekolah dapat ikut  menumbuhkan kebiasaab membaca pada anak didik, yang pada tahap selanjutnya anak didik menjadi mudah memahami materi pelajaran di kelas. Di samping itu, anak didik dapat dengan mudah mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu. Dengan demikian, pada akhirnya akan tercipta kecerdasan pada diri anak didik, sehingga prestasi pun relatif mudah untuk diraih.

Anak didik yang yang memiliki kegemaran membaca dan belajar, tentu dapat memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Anak didik yang dapat memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya, tentu akan memperoleh kecerdasan sebagai dampaknya. Siapapun yang ingin cerdas pasti berusaha menambah ilmu pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. Hal tersebut dapat tercapai dengan belajar (membaca). Padahal  sumber belajar yang relatif lebih lengkap dan mudah diperoleh tersedia di perpustakaan.

Dengan terbiasa membaca buku, anak didik akan terasah otak dan pola pikirnya. Kegiatan membaca harus dijadikan aktivitas siswa sehari-hari. Buku harus dicintai dan bila perlu dijadikan sebagai kebutuhan pokok bagi anak didik. Setelah terbiasa membaca, anak didik dapat pula dibiasakan berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan buku yang telah mereka baca. Dengan demikian, otak mereka akan semakin terasah. Bukankah otak yang mekin terasah akan menjadi semakin tajam?

Nah, apabila perpustakaan sekolah sudah dapat menjalankan perananannya dengan baik, perpustakaan sekoah tentu akan menjadi media yang cerdas untuk menciptakan anak didik yang cerdas pula.*)

Penulis adalah Pustakawan
Perpustakaan
 MAN 2 Banjarnegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *