PENTINGNYA STOCK OPNAME DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Provinsi Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan berkala yang dilaksanakan setiap tahunnya yaitu Stock Opname yang diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Stock Opname yang terdiri dari para Pustakawan dan dibantu oleh Staf Fungsional Umum, dan beberapa Tenaga Harian Lepas, personil yang terlibat cukup banyak karena ini merupakan kegiatan untuk melakukan   pemeriksaan fisik terhadap buku yang tercatat milik perpustakaan, yang merupakan bentuk kegiatan untuk melakukan penghitungan ulang koleksi perpustakaan dan bertujuan untuk mengetahui jumlah riil atau nyata koleksi perpustakaan.

Stock Opname koleksi buku di perpustakaan Provinsi Bengkulu sudah dilakukan sejak tanggal 30 September dan akan berakhir pada 11 Oktober 2019, dan diharapkan  pasca Stock Opname akan dapat diketahui jumlah koleksi, baik yang masih tersimpan, jumlah buku rusak dan perlu diperbaiki  ataupun yang sudah tidak diketahui fisiknya, biasanya buku mengalami kerusakan di sampul, dan akan kita catat untuk diperbaiki supaya Pemustaka pun nyaman saat membacanya.

Perpustakaan Provinsi Bengkulu juga melaksanakan penambahan koleksi buku walaupun jumlahnya masih sedikit, dikarenakan masih terbatasnya anggaran untuk pembelian buku koleksi perpustakaan Provinsi, tapi untuk memenuhi permintaan Pemustaka, pengelola perpustakaan Provinsi berupaya untuk membeli buku setiap bulannya berdasarkan permintaan yang di sampaikan Pemustaka walaupun judul dan eksemplarnya masih sangat terbatas, dan biasanya berupa koleksi buku fiksi, ini merupakan kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, agar koleksi yang dimiliki selalu baru dan tidak tertinggal.

Tujuan dilakukan kegiatan Stock Opname adalah:

  1. Untuk mengetahui keadaan koleksi bahan pustaka yang ada diperpustakaan.
  2. Mengetahui jumlah buku (judul/eksmplar) koleksi bahan pustaka menurut golongan klasifikasi dengan tepat.
  3. Menyediakan jajaran katalog yang tersusun rapi yang menandakan kondisi koleksi bahan pustaka.
  4. Untuk mengetahui dengan tepat bahan pustaka yang tidak ada katalognya.
  5. Untuk mengetahui bahan pustaka yang dinyatakan hilang.
  6. Untuk mengetahui dengan tepat kondisi bahan pustaka, apakah dalam keadaan rusak atau tidak lengkap.

Selama pelaksanaan Stock Opname, Perpustakaan tidak melayani peminjaman buku, dan ini pasti ada rasa ketidak nyamanan Pemustaka agak sedikit terganggu dikarenakan pada saat ada kegiatan Stock Opname semua layanan Perpustakaan di hentikan, mulai dari layanan Pembuatan Kartu Anggota, Pelayanan Baca ditempat dan Pelayan pinjam Buku, yang dibuka hanya pelayanan pengembalian buku.

Kegiatan Stock Opname ini memerlukan biaya yang dianggarkan secara khusus. dan tetap harus dilaksanakan secara berkala, hal ini dikarenakan kegiatan Stock Opname merupakan rangkaian yang berkaitan dengan keadaan koleksi perpustakaan yang merupakan citra perpustakaan. Jangan sampai koleksi perpustakaan tidak bermanfaat bagi Pemustakanya. Karena dalam pelayanan perpustakaan yang diutamakan adalah dengan menyediakan informasi yang sesuai dengan keinginan Pemustaka.

Narasi: Hj.Willy Purnama Hidayanti.,SH.MM(Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi,  Layanan dan Pelestarian) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu  

Aktifitas Stock opname 2019
 
 






2 tanggapan pada “PENTINGNYA STOCK OPNAME DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN”

  1. Terimakasih perpusda bengkulu yang terus menerus memperbaiki pelayanan, sehingga sekarang pusda sudah jauh lebih nyaman. Semoga kedepan semakin lengkap koleksi pusda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *