Arsip Daerah Bengkulu

Dalam penyelenggaraan pemerintah yang amanah (good governance) peran arsip sangatlah penting karena tidak ada satu kegiatanpun yaang tidak memerlukan arsip dan tidak ada satu kegiatanpun yang tidak memerlukan arsip, demikian juga dalam pelaksanaaan maupun pengawasannya. Ada tiga pilar utama untuk membentuk good governance yaitu: pemerintah, masyarakat madani dan sektor usaha yang kesemuanya itu selalu memerlukan dan menghasilkan arsip.

Berdasrkan UURI Nomor 43 tahun 2009 Tentang Arsip, pengertian arsip sendiri adalah kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam plaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Salah satu jenis arsip yang dipandang cukup penting adalah Arsip Statis yaitu arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesiadan/atau lembaga kearsipan. Arsip statis ini juga yang merupakan memori kolektip dan jati diri bangsa yang akan menjadi simpul pemersatu bangsa dan dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kemaslahatan bangsa.

Semoga Web Arsip Statis Provinsi Bengkulu ini dapat menjadi satu pintu penyedia informasi dan sarana pencarian bagi masyarakat Bengkulu khususnya dan rakyat Indonesia Umumnya untuk lebih mengenal dan meneladani sejarah bangsa dalam rangka membangun bangsa menjadi lebih baik.